Toko Oppa
Sell All About KPOP
(Korean Pop)
Dendi Angga Wiguna
10120054
4 MP S1
(Proposal Bisnis
E-Commers)
STIE Kesatuan 2012
I.
RINGKASAN
EKSEKUTIF (EXECUTIVE SUMMARY)s
Toko Oppa adalah sebuah toko dimana
menjual barang yang bertema Korea atau yang lebih dikenal dengan nama KPOP
(Korean Pop) dan menjual berbagai macam barang Kpop dimulai dari CD/DVD
Original import dari Korea Selatan serta menjual juga T-Shirt, Poster, Pin, Light
Stick/Fan Light, Tas, Handuk, Masker, Kalender dan juga banyak aksesoris lainnya.
Toko Oppa sesuai dengan namanya, merupakan toko yang sangat cocok untuk remaja-remaja
saat ini yang sangat menyukai semua hal berbau tentang Kpop terutama artisnya
yang sedang marak di kalangan kita saat ini.
Toko Oppa selain membuka toko
juga menjual barang-barangnya melalui online atau lebih dikenal dengan Online
Shop, ada facebook, twitter, email serta web yang dapat lebih memudahkan
belanja secara instan, mudah, ringkas dan cepat, hanya dengan mengisi formulir
belanja dan formulir pembayaran dengan secara cepat barangpun siap untuk
dikirim dengan mudah dan langsung sampai kepada si pembeli tersebut.
Dengan maraknya Kpop di Indonesia
mempermudah pasar kita untuk promosi secara gencar dan terus menerus dan ini
benar-benar bisnis usaha yang prosperk kedepannya juga sangat bagus. Toko Oppa sendiri
dekat-dekat ini berencana akan membuka store baru dengan menyewa salah satu tempat di Mall Bogor yang sering dikunjungi
oleh remaja-remaja dari Bogor maupun Jabodetabek, karena sasaran pasarnya pun
adalah remaja.
Selain itu juga Toko Oppa
menawarkan harga miring dan diskon tertentu untuk para konsumen yang ingin
bergabung menjadi reseller kami, hanya dengan modal sedikit tapi reseller
apabila giat dalam berjualan pasti akan merauk untung yang sangat fantastis
apabila dia tekun menjalani bisnis Kpop ini.
Elemen-elemen utama yang
ditawarkan membedakan antara Toko sejenis lain yang telah ada pada umumnya
yaitu :
¨
Produk yang menyangkut hal tentang K-POP Korean
Pop dan di design sendiri
¨
Lebih menawarkan barang-barang yang ngusung tema
artis boysband/girlsband korea yang sedang banyak dikagumi
¨
Metode pemasaran yang menarik dan unik
¨
Lokasi yang sangat strategi
¨
Harga
barang terjangkau namun tidak menurunkan kualitas.
Tahap awal dari rencana bisnis
toko ini berawal dari sebuah online shop menjadi sebuah toko sungguhan dengan berencana
membuka tempat disalah satu Mall terkemuka di Bogor yang stretegis dan bisa
dikunjungi dengan mudah oleh para pengunjung dengan berbelanja barang-barang
kpop secara langsung dan memuaskan selera pasar yang benar-benar sedang
digandrumi para remaja saat ini.
II.
BISNIS
a.
Konsep Bisnis
Toko Oppa ini adalah toko baru yang didasarkan kepada hal-hal yang berbau dengan ala artis korea dengan beragam tema, baik artis, boysband maupun girlsband.
Toko Oppa ini yang akan pertama kali dibuka disebuah Mall di Bogor dengan menyewa tempat sekitar 4x5m2 di design dengan konsep korea.
Toko Oppa ini adalah toko baru yang didasarkan kepada hal-hal yang berbau dengan ala artis korea dengan beragam tema, baik artis, boysband maupun girlsband.
Toko Oppa ini yang akan pertama kali dibuka disebuah Mall di Bogor dengan menyewa tempat sekitar 4x5m2 di design dengan konsep korea.
Berikut adalah 5 Elemen utama yang ditawarkan oleh Toko Oppa yang
membedakan dengan toko-toko lain pada umumnya :
¨
Produk yang menyangkut hal tentang korea dan di
design sendiri
Toko Oppa ini dididrikan dengan mengusung tema dan design yang sesuai dengan kebudayaan asli dari negara ginseng yaitu bangsa Korea Selatan.
Toko Oppa ini dididrikan dengan mengusung tema dan design yang sesuai dengan kebudayaan asli dari negara ginseng yaitu bangsa Korea Selatan.
¨
Lebih menawarkan barang-barang yang mengusung
tema artis korea yang sedang banyak dikagumi.
Tujuan dibuatnya Toko Oppa ini adalah agar remaja-remaja Indonesia yang sedang tergila-gila kepada apapun yang berbau korea menjadi terpuaskan dan tidak perlu susah-susah lagi mencari barang yang berbau korea, hanya dengan cara belanja online di kita atau datang ke store kita barang yang di inginkanpun dengan mudah didapatkan.
Tujuan dibuatnya Toko Oppa ini adalah agar remaja-remaja Indonesia yang sedang tergila-gila kepada apapun yang berbau korea menjadi terpuaskan dan tidak perlu susah-susah lagi mencari barang yang berbau korea, hanya dengan cara belanja online di kita atau datang ke store kita barang yang di inginkanpun dengan mudah didapatkan.
¨
Metode
pemasaran yang menarik
Metode pemasaran yang menarik disini adalah Toko Oppa akan masuk ke sekolah-sekolah SMP dan SMA dengan menawarkan brosur pada mereka dengan memberikan mereka aksesoris yang kita jual secara gratis sebagai promosi agar mereka ingin mencoba mendatangi tempat kita dan melihat barang-barang apa saja yang dijual di Toko Oppa ini, pemasaran juga dilakukan dengan menggunakan media elektronik seperti membuat blog Toko Oppa, twiter Toko Oppa, Facebook Toko Oppa dan chating, mengingat anak remaja sekarang lebih dekat dengan dunia online.
Metode pemasaran yang menarik disini adalah Toko Oppa akan masuk ke sekolah-sekolah SMP dan SMA dengan menawarkan brosur pada mereka dengan memberikan mereka aksesoris yang kita jual secara gratis sebagai promosi agar mereka ingin mencoba mendatangi tempat kita dan melihat barang-barang apa saja yang dijual di Toko Oppa ini, pemasaran juga dilakukan dengan menggunakan media elektronik seperti membuat blog Toko Oppa, twiter Toko Oppa, Facebook Toko Oppa dan chating, mengingat anak remaja sekarang lebih dekat dengan dunia online.
¨
Lokasi yang sangat strategis
Lokasi Toko Oppa ini sangat begitu strategis karena berada di pusat perbelanjaaan yang sering dikunjungi oleh warga Bogor dan jabodetabek. Dan Mall ini sudah cukup terkenal sehingga banyak orang yang sudah mengetahui Mall ini karena banyak sekali toko-toko untuk kalangan remaja yang berda di Mall ini.
Lokasi Toko Oppa ini sangat begitu strategis karena berada di pusat perbelanjaaan yang sering dikunjungi oleh warga Bogor dan jabodetabek. Dan Mall ini sudah cukup terkenal sehingga banyak orang yang sudah mengetahui Mall ini karena banyak sekali toko-toko untuk kalangan remaja yang berda di Mall ini.
¨
Harga
barang terjangkau namun tidak menurunkan kualitas.
Toko Oppa ini menawarkan barang-barang yang berkualitas dan tidak akan sama dengan barang-barang yang ada ditoko-toko lain yang sudah ada karena didesign sendiri oleh pemiliknya dengan kreatifitas yang sangat tinggi sehingga barang-barangnya tidak pasaran tetapi dengan harga yang cukup terjangkau bagi kalangan remaja.
Toko Oppa ini menawarkan barang-barang yang berkualitas dan tidak akan sama dengan barang-barang yang ada ditoko-toko lain yang sudah ada karena didesign sendiri oleh pemiliknya dengan kreatifitas yang sangat tinggi sehingga barang-barangnya tidak pasaran tetapi dengan harga yang cukup terjangkau bagi kalangan remaja.
b.
Produk yang ditawarkan
Meskipun barang utama yang ditawarkan adalah CD/DVD import Korea Selatan , tetapi Toko Oppa menawarkan barang-barang lain yang biasa dipakai oleh remaja sehari-hari seperti T-Shirt, Tas dll.
Meskipun barang utama yang ditawarkan adalah CD/DVD import Korea Selatan , tetapi Toko Oppa menawarkan barang-barang lain yang biasa dipakai oleh remaja sehari-hari seperti T-Shirt, Tas dll.
¨
Model Pakaian
Toko Oppa menawarkan model pakaian yang tidak banyak dipasaran dan begitu unik tetapi mahal fashionable dan keren meskipun dengan setiap barang yang dijual selalu diselipkan hal tentang korea.
Toko Oppa menawarkan model pakaian yang tidak banyak dipasaran dan begitu unik tetapi mahal fashionable dan keren meskipun dengan setiap barang yang dijual selalu diselipkan hal tentang korea.
¨
Aksesoris
Disini pula Toko Oppa menawarkan berbagai macam T-Shirt, Tas dan Aksesoris yang unik seperti kaos bergambar artis boysband/girlsband kesukaan mereka, tas yang di design khusus agar menyerupai tas artis yang diidolakan mereka, serta aksesoris yang tidak pasaran dan unik yang membuat produk kita beda dengan yang lainnya.
Disini pula Toko Oppa menawarkan berbagai macam T-Shirt, Tas dan Aksesoris yang unik seperti kaos bergambar artis boysband/girlsband kesukaan mereka, tas yang di design khusus agar menyerupai tas artis yang diidolakan mereka, serta aksesoris yang tidak pasaran dan unik yang membuat produk kita beda dengan yang lainnya.
¨
CD/DVD & Fan Light/Light Stick
Kita datangkan langsung dari Korea Selatan secara import original made in
Korea dan beberapa barang sejenis juga yang membuat kita beda dengan lainnya
dan bukan bajakan.
¨
Paket Tour
Akhir tahun ini kita pun sedang berencana membuat paket tour ke Seoul
serta Jejju Island yang sangat indah di Korea Selatan. Harga paket tour pun
beragam sesuai dengan keinginan para konsumen kita pada saat melancong ke
negeri gingseng tersebut.
c.
Harga
Harga yang ditawarkan oleh Toko Oppa tidak terlalu jauh berbeda dengan toko sejenis lainnya yang cukup terjangkau oleh kalangan remaja.
Harga yang ditawarkan oleh Toko Oppa tidak terlalu jauh berbeda dengan toko sejenis lainnya yang cukup terjangkau oleh kalangan remaja.
Berikut Daftar Harga Kisaran :
1. CD/DVD Rp. 75.000 – 400.000
2. T-shirt Rp. 75.000 – 100.000
3. Poster/Pin Rp. 8.000 – 15.000
4. Kalender Rp. 45.000 – 100.000
5. Fan Light/Light Stick Rp. 85.000 – 150.000
6. Tas Rp. 45.000 – 180.000
2. T-shirt Rp. 75.000 – 100.000
3. Poster/Pin Rp. 8.000 – 15.000
4. Kalender Rp. 45.000 – 100.000
5. Fan Light/Light Stick Rp. 85.000 – 150.000
6. Tas Rp. 45.000 – 180.000
7. Towel/Hand Banner Rp.
35.000 – 120.000
8. Aksesoris lainnya RP. 5.000 – tak terhingga
8. Aksesoris lainnya RP. 5.000 – tak terhingga
Harga yang ditawarkan relatif bersaing dibandingakan dengan pesaing.
d.
Persediaan
Barang dan Pemasaran
¨
Strategi pemasaran perusahaan menciptakan
tingkat kesadaran merek, mendorong terjadinya pembelian melalui berbagai
gencarnya materi promosi dan edokasi produk yang ditawarkan perusahaan secara
terus-menerus tanpa henti dan membuat Toko Oppa lebih dikenal.
¨
Implementasi stategi ini meliputi hal-hal
berikut ;
1.
Memberikan kesan unik agar berbeda dengan yang
lain.
2.
Penawaran diskon apabila membeli barang lebih
dari 1.
3.
Materi-materi edukasi ( seperti poster dan
selembaran ) yang berkaitan dengan barang yang akan dijual. Dan berbagai macam
model baru yang remaja-remaja saat ini gandrungi.
4.
Layanan yang proaktif, komunikatif dan humble.
5.
Memberikan jasa layanan online, agar membeli
tidak dengan susah paying datang ke tempat kita untuk membeli barang yang
diinginkan tetapi hanya dengan akses internet dapat memperoleh barang yang
diingankan.
6.
Memberikan jasa gratis ongkos kirim pada
saat-saat tertentu untuk wilayah jabodetabek untuk pembelian online.
e.
Layanan Pelanggan
¨
Layanan yang diberikan oleh Toko Oppa sangatlah
cepat, ramah dan tepat agar pelanggan dapat merasa nyaman apabila berbelanja
pada kita. Pelayan yang sangat bersahabat.
¨
Karyawan pun diberikan seragam yang dibuat
khusus oleh Toko Oppa sehingga terlihat lebih menarik.
f.
Design Tempat
¨
Toko Oppa ini di design dengan aksen-aksen
budaya Korea yang sangat kental, unik dan menarik sehingga pengunjung tidak
mudah bosan dan betah berlama-lama dan kita selalu memutar lagu-lagu Kpop yang
sangat asik didengarkan telinga para pengunjung tempat kami, pokoknya tempat
kami sangat special beda dari yang lainnya yang pernah ada.
g.
Lokasi dan pilihan wilayah
¨
Pilihan
dan lokasi Toko Oppa ini adalah dengan kriteria Mall dengan lalu lintas
pengunjung yang tinggi, mudah, dijangkau, dan terlihat dari jarak jauh.
¨
Pilihan Mall ini adalah mall yang terkemuka dan
sangat sering dikunjungi oleh anak muda gaul Bogor dan sekitarnya dan merupakan
mall favorit mereka untuk berbelanja.
Ada beberapa aspek yang bisa di jalankan dalam membuka usaha
ini diantaranya :
A.
Aspek Manajemen
Bisnis ini dimiliki bersama dengan sistem bagi modal. Bisnis ini dikelola secara bersama- sama dan tiap orang mempunyai tugas masing-masing misalkan dari 5 orang 3 orang bertugas berbelanja bahan pakaian, yang bertugas mendesign bajunya dan yang menjahit bajunya.
Bisnis ini dimiliki bersama dengan sistem bagi modal. Bisnis ini dikelola secara bersama- sama dan tiap orang mempunyai tugas masing-masing misalkan dari 5 orang 3 orang bertugas berbelanja bahan pakaian, yang bertugas mendesign bajunya dan yang menjahit bajunya.
B.
Aspek
Pemasaran
¨
Target Pasar yang merupakan kunci penting untuk
diperhatikan. Sudah menjadi kelaziman bahwa usaha Butik Shopaholic bekerja
berdasarkan trand yg sedang mendunia, kegiatan produksi dimulai apabila barang
telah diterima, maka kegiatan produksi perusahaan tidak akan bekerja. Yang
bekerja sepanjang tahun atau selama bisnis itu hidup adalah pemasaran keuangan
dan administrasi. Target pasarnya adalah remaja-remaja antara usia 15 sampai
dengan 25.
¨
Konsep Pemasaran terdiri dari 4 elemen (Product+Price+Place+Promotion).
UNTUK PRODUK, Anda mesti mensurvei para pesaing-pesaing Anda. Misalnya saja,
menentukan apa, 10 pakaian terpopuler saat ini. Nah, khusus, ke 10 menu itu,
maka mutlak menguasainya. Langkah berikutnya, bertanya kepada diri kita sendiri
untuk maju selangkah lebih maju. Misalnya, dengan melakukan inovasi. Mampukah
kita menciptakan hal-hal yang baru dengan 10 populer.
¨
Produk dan penetapan Harga Untuk menetapkan
harga kita perlu melakukan riset dan membandingkannya dengan strategi harga
Anda. Tidak jarang harga kita terlalu mahal karena sistem produksi yang salah
dan tidak efektif. Anda perlu misalnya mencari suplier yang mampu mensuplai
bahan baku dengan harga yang benar-benar murah, sehingga bisa menghasilkan
pakaian murah anamun berkualitas.
III.
PASAR
¨
Segmentasi Pasar
Toko Oppa ini bersegmen
Ciri-ciri : Wanita Usia antara 15 – 25 tahun yang sangat menyukai fashion dan memakai pakaian tidak hanya memakainya tetapi menyesuaikan dengan kepribadiannya dan Pria usia antara 15-25 yang benar-benar modis da trendi.
Toko Oppa ini bersegmen
Ciri-ciri : Wanita Usia antara 15 – 25 tahun yang sangat menyukai fashion dan memakai pakaian tidak hanya memakainya tetapi menyesuaikan dengan kepribadiannya dan Pria usia antara 15-25 yang benar-benar modis da trendi.
¨
Positioning
Agar dapat menarik perhatian calon pelanggan, Butik Shopaholic Toko Oppa merancang sebuah strategi positioning
Beberapa positioning statement yang bisa digunakan, misalnya mengikuti fashion si artis yang dia sangat idolakan, selalu update terhadap benda apapun yang dipakai si artis boysband/girlsband favoritenya dan selalu menempatkan diri kepada trend saat ini khususnya Korea style.
Agar dapat menarik perhatian calon pelanggan, Butik Shopaholic Toko Oppa merancang sebuah strategi positioning
Beberapa positioning statement yang bisa digunakan, misalnya mengikuti fashion si artis yang dia sangat idolakan, selalu update terhadap benda apapun yang dipakai si artis boysband/girlsband favoritenya dan selalu menempatkan diri kepada trend saat ini khususnya Korea style.
IV.
PELANGGAN
¨
Pasar sasaran Toko Oppa adalah anak sekolah
dimulai dari anak sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas dan
mahasiswa.
¨
Perusahaan berharap tingkat pembelian ulang
konsumen cukup tinggi. Selain itu juga diharapkan sekitar 75% pesananan melalui
media Online
V.
PERSAINGAN
¨
Persaingan terutama berkaitan dengan kualitas
produk, layanan, pengenalan akan merek dan lokasi toko.
¨
Toko Oppa sendiri akan bersaing langsung dengan
sesama butik gerai dan onlione shop lainnya (Koreanashopping, Mr. Lee So Man,
N.Y.L.A, (X)SML, Koridor Kpop dan Kpop Store yang lainnya).
VI.
MANAJEMEN
Struktur
manajemen akan berkaitan dengan aspek-aspek:
• Profesionalisme dan kreatitifas tinggi
• Keahlian dalam keuangan, manajemen, dan aspek hukum
• Atribut-atribut pribadi, seperti daya inisiatif, ambisi dan determinasi serta intergritas.
• Profesionalisme dan kreatitifas tinggi
• Keahlian dalam keuangan, manajemen, dan aspek hukum
• Atribut-atribut pribadi, seperti daya inisiatif, ambisi dan determinasi serta intergritas.
VII.
PROYEKSI
KEUANGAN
MODAL
1. Kas Rp
5.000.000,00
2. Baya sewa gerai Rp. 10.000.000,00
3. Rancangan interior Rp. 5.000.000,00
2. Perlengkapan Rp 10.000.000,00
3. Peralatan Rp. 5.000.000,00 +
2. Baya sewa gerai Rp. 10.000.000,00
3. Rancangan interior Rp. 5.000.000,00
2. Perlengkapan Rp 10.000.000,00
3. Peralatan Rp. 5.000.000,00 +
Rp.
35.000.000,00
PENJUALAN
-Asumsi
penjualan tahap awal adalah rata-rata 50 orang setiap hari berkunjung untuk
satu bulan pertama dibukanya store kami.
-Rata-rata konsumen
kami 50% membeli secara online dan 50% nya berkunjung langsung ke tempat kami.
-Sistem
penjualan yang bersahabat membuat kita mempunyai banyak pelanggan tetap.
Contact
Person Toko Oppa:
Owner : Dendie Angga Wiguna dan
@dendiewiguna on Twitter
Twitter : @Toko_Oppa
Facebook : Toko Oppa
Hp & BB : 08569998589/2202c88f
Tidak ada komentar:
Posting Komentar