Total Tayangan Halaman

Proposal Bisnis


Toko Oppa
Sell All About KPOP (Korean Pop)






Dendi Angga Wiguna
10120054
4 MP S1
(Proposal Bisnis E-Commers)
STIE Kesatuan 2012
I.                    RINGKASAN EKSEKUTIF (EXECUTIVE SUMMARY)s
Toko Oppa adalah sebuah toko dimana menjual barang yang bertema Korea atau yang lebih dikenal dengan nama KPOP (Korean Pop) dan menjual berbagai macam barang Kpop dimulai dari CD/DVD Original import dari Korea Selatan serta menjual juga T-Shirt, Poster, Pin, Light Stick/Fan Light, Tas, Handuk, Masker, Kalender dan juga banyak aksesoris lainnya. Toko Oppa sesuai dengan namanya, merupakan toko yang sangat cocok untuk remaja-remaja saat ini yang sangat menyukai semua hal berbau tentang Kpop terutama artisnya yang sedang marak di kalangan kita saat ini.
Toko Oppa selain membuka toko juga menjual barang-barangnya melalui online atau lebih dikenal dengan Online Shop, ada facebook, twitter, email serta web yang dapat lebih memudahkan belanja secara instan, mudah, ringkas dan cepat, hanya dengan mengisi formulir belanja dan formulir pembayaran dengan secara cepat barangpun siap untuk dikirim dengan mudah dan langsung sampai kepada si pembeli tersebut.
Dengan maraknya Kpop di Indonesia mempermudah pasar kita untuk promosi secara gencar dan terus menerus dan ini benar-benar bisnis usaha yang prosperk kedepannya juga sangat bagus. Toko Oppa sendiri dekat-dekat ini berencana akan membuka store baru dengan menyewa salah satu  tempat di Mall Bogor yang sering dikunjungi oleh remaja-remaja dari Bogor maupun Jabodetabek, karena sasaran pasarnya pun adalah remaja.
Selain itu juga Toko Oppa menawarkan harga miring dan diskon tertentu untuk para konsumen yang ingin bergabung menjadi reseller kami, hanya dengan modal sedikit tapi reseller apabila giat dalam berjualan pasti akan merauk untung yang sangat fantastis apabila dia tekun menjalani bisnis Kpop ini.
Elemen-elemen utama yang ditawarkan membedakan antara Toko sejenis lain yang telah ada pada umumnya yaitu :
¨       Produk yang menyangkut hal tentang K-POP Korean Pop dan di design sendiri
¨       Lebih menawarkan barang-barang yang ngusung tema artis boysband/girlsband korea yang sedang banyak dikagumi
¨       Metode pemasaran yang menarik dan unik
¨       Lokasi yang sangat strategi
¨        Harga barang terjangkau namun tidak menurunkan kualitas.

Tahap awal dari rencana bisnis toko ini berawal dari sebuah online shop menjadi sebuah toko sungguhan dengan berencana membuka tempat disalah satu Mall terkemuka di Bogor yang stretegis dan bisa dikunjungi dengan mudah oleh para pengunjung dengan berbelanja barang-barang kpop secara langsung dan memuaskan selera pasar yang benar-benar sedang digandrumi para remaja saat ini.
II.                  BISNIS
a.       Konsep Bisnis
Toko Oppa ini adalah toko baru yang didasarkan kepada hal-hal yang berbau dengan ala artis korea dengan beragam tema, baik artis, boysband maupun girlsband.
Toko Oppa ini yang akan pertama kali dibuka disebuah Mall di Bogor dengan menyewa tempat sekitar 4x5m2 di design dengan konsep korea.

Berikut adalah 5 Elemen utama yang ditawarkan oleh Toko Oppa yang membedakan dengan toko-toko lain pada umumnya :

¨       Produk yang menyangkut hal tentang korea dan di design sendiri
Toko Oppa ini dididrikan dengan mengusung tema dan design yang sesuai dengan kebudayaan asli dari negara ginseng yaitu bangsa Korea Selatan.

¨       Lebih menawarkan barang-barang yang mengusung tema artis korea yang sedang banyak dikagumi.
Tujuan dibuatnya Toko Oppa ini adalah agar remaja-remaja Indonesia yang sedang tergila-gila kepada apapun yang berbau korea menjadi terpuaskan dan tidak perlu susah-susah lagi mencari barang yang berbau korea, hanya dengan cara belanja online di kita atau datang ke store kita barang yang di inginkanpun dengan mudah didapatkan.

¨        Metode pemasaran yang menarik
Metode pemasaran yang menarik disini adalah Toko Oppa akan masuk ke sekolah-sekolah SMP dan SMA dengan menawarkan brosur pada mereka dengan memberikan mereka aksesoris yang kita jual secara gratis sebagai promosi agar mereka ingin mencoba mendatangi tempat kita dan melihat barang-barang apa saja yang dijual di Toko Oppa ini, pemasaran juga dilakukan dengan menggunakan media elektronik seperti membuat blog Toko Oppa, twiter Toko Oppa, Facebook Toko Oppa dan chating, mengingat anak remaja sekarang lebih dekat dengan dunia online.

¨       Lokasi yang sangat strategis
Lokasi Toko Oppa ini sangat begitu strategis karena berada di pusat perbelanjaaan yang sering dikunjungi oleh warga Bogor dan jabodetabek. Dan Mall ini sudah cukup terkenal sehingga banyak orang yang sudah mengetahui Mall ini karena banyak sekali toko-toko untuk kalangan remaja yang berda di Mall ini.

¨        Harga barang terjangkau namun tidak menurunkan kualitas.
Toko Oppa ini menawarkan barang-barang yang berkualitas dan tidak akan sama dengan barang-barang yang ada ditoko-toko lain yang sudah ada karena didesign sendiri oleh pemiliknya dengan kreatifitas yang sangat tinggi sehingga barang-barangnya tidak pasaran tetapi dengan harga yang cukup terjangkau bagi kalangan remaja.
b.      Produk yang ditawarkan
Meskipun barang utama yang ditawarkan adalah  CD/DVD import Korea Selatan , tetapi Toko Oppa menawarkan barang-barang lain yang biasa dipakai oleh remaja sehari-hari seperti T-Shirt, Tas dll.
¨       Model Pakaian
Toko Oppa menawarkan model pakaian yang tidak banyak dipasaran dan begitu unik tetapi mahal fashionable dan keren meskipun dengan setiap barang yang dijual selalu diselipkan hal tentang korea.
¨       Aksesoris
Disini pula Toko Oppa menawarkan berbagai macam T-Shirt, Tas dan Aksesoris yang unik seperti kaos bergambar artis boysband/girlsband kesukaan mereka, tas yang di design khusus agar menyerupai tas artis yang diidolakan mereka, serta aksesoris yang tidak pasaran dan unik yang membuat produk kita beda dengan yang lainnya.
¨       CD/DVD & Fan Light/Light Stick
Kita datangkan langsung dari Korea Selatan secara import original made in Korea dan beberapa barang sejenis juga yang membuat kita beda dengan lainnya dan bukan bajakan.
¨       Paket Tour
Akhir tahun ini kita pun sedang berencana membuat paket tour ke Seoul serta Jejju Island yang sangat indah di Korea Selatan. Harga paket tour pun beragam sesuai dengan keinginan para konsumen kita pada saat melancong ke negeri gingseng tersebut.

c.        Harga
Harga yang ditawarkan oleh Toko Oppa tidak terlalu jauh berbeda dengan toko sejenis lainnya yang cukup terjangkau oleh kalangan remaja.

Berikut Daftar Harga Kisaran :

1. CD/DVD                                   Rp. 75.000 – 400.000
2. T-shirt                                      Rp. 75.000 – 100.000
3. Poster/Pin                              Rp. 8.000 – 15.000
4. Kalender                                 Rp. 45.000 – 100.000
5. Fan Light/Light Stick           Rp. 85.000 – 150.000
6. Tas                                             Rp. 45.000 – 180.000
7. Towel/Hand Banner           Rp. 35.000 – 120.000
8. Aksesoris lainnya                 RP. 5.000 – tak terhingga

Harga yang ditawarkan relatif bersaing dibandingakan dengan pesaing.



d.       Persediaan Barang dan Pemasaran

¨       Strategi pemasaran perusahaan menciptakan tingkat kesadaran merek, mendorong terjadinya pembelian melalui berbagai gencarnya materi promosi dan edokasi produk yang ditawarkan perusahaan secara terus-menerus tanpa henti dan membuat Toko Oppa lebih dikenal.
¨       Implementasi stategi ini meliputi hal-hal berikut ;
1.       Memberikan kesan unik agar berbeda dengan yang lain.
2.       Penawaran diskon apabila membeli barang lebih dari 1.
3.        Materi-materi edukasi ( seperti poster dan selembaran ) yang berkaitan dengan barang yang akan dijual. Dan berbagai macam model baru yang remaja-remaja saat ini gandrungi.
4.       Layanan yang proaktif, komunikatif dan humble.
5.       Memberikan jasa layanan online, agar membeli tidak dengan susah paying datang ke tempat kita untuk membeli barang yang diinginkan tetapi hanya dengan akses internet dapat memperoleh barang yang diingankan.
6.       Memberikan jasa gratis ongkos kirim pada saat-saat tertentu untuk wilayah jabodetabek untuk pembelian online.

e.      Layanan Pelanggan

¨       Layanan yang diberikan oleh Toko Oppa sangatlah cepat, ramah dan tepat agar pelanggan dapat merasa nyaman apabila berbelanja pada kita. Pelayan yang sangat bersahabat.
¨       Karyawan pun diberikan seragam yang dibuat khusus oleh Toko Oppa sehingga terlihat lebih menarik.

f.        Design Tempat

¨       Toko Oppa ini di design dengan aksen-aksen budaya Korea yang sangat kental, unik dan menarik sehingga pengunjung tidak mudah bosan dan betah berlama-lama dan kita selalu memutar lagu-lagu Kpop yang sangat asik didengarkan telinga para pengunjung tempat kami, pokoknya tempat kami sangat special beda dari yang lainnya yang pernah ada.

g.       Lokasi dan pilihan wilayah

¨        Pilihan dan lokasi Toko Oppa ini adalah dengan kriteria Mall dengan lalu lintas pengunjung yang tinggi, mudah, dijangkau, dan terlihat dari jarak jauh.
¨       Pilihan Mall ini adalah mall yang terkemuka dan sangat sering dikunjungi oleh anak muda gaul Bogor dan sekitarnya dan merupakan mall favorit mereka untuk berbelanja.
Ada beberapa aspek yang bisa di jalankan dalam membuka usaha ini diantaranya :
A.      Aspek Manajemen
Bisnis ini dimiliki bersama dengan sistem bagi modal. Bisnis ini dikelola secara bersama- sama dan tiap orang mempunyai tugas masing-masing misalkan dari 5 orang 3 orang bertugas berbelanja bahan pakaian, yang bertugas mendesign bajunya dan yang menjahit bajunya.

B.       Aspek Pemasaran
¨       Target Pasar yang merupakan kunci penting untuk diperhatikan. Sudah menjadi kelaziman bahwa usaha Butik Shopaholic bekerja berdasarkan trand yg sedang mendunia, kegiatan produksi dimulai apabila barang telah diterima, maka kegiatan produksi perusahaan tidak akan bekerja. Yang bekerja sepanjang tahun atau selama bisnis itu hidup adalah pemasaran keuangan dan administrasi. Target pasarnya adalah remaja-remaja antara usia 15 sampai dengan 25.
¨       Konsep Pemasaran terdiri dari 4 elemen (Product+Price+Place+Promotion). UNTUK PRODUK, Anda mesti mensurvei para pesaing-pesaing Anda. Misalnya saja, menentukan apa, 10 pakaian terpopuler saat ini. Nah, khusus, ke 10 menu itu, maka mutlak menguasainya. Langkah berikutnya, bertanya kepada diri kita sendiri untuk maju selangkah lebih maju. Misalnya, dengan melakukan inovasi. Mampukah kita menciptakan hal-hal yang baru dengan 10 populer.
¨       Produk dan penetapan Harga Untuk menetapkan harga kita perlu melakukan riset dan membandingkannya dengan strategi harga Anda. Tidak jarang harga kita terlalu mahal karena sistem produksi yang salah dan tidak efektif. Anda perlu misalnya mencari suplier yang mampu mensuplai bahan baku dengan harga yang benar-benar murah, sehingga bisa menghasilkan pakaian murah anamun berkualitas.

III.                PASAR

¨       Segmentasi Pasar
Toko Oppa ini bersegmen
Ciri-ciri : Wanita Usia antara 15 – 25 tahun yang sangat menyukai fashion dan memakai pakaian tidak hanya memakainya tetapi menyesuaikan dengan kepribadiannya dan Pria usia antara 15-25 yang benar-benar modis da trendi.
¨       Positioning
Agar dapat menarik perhatian calon pelanggan, Butik Shopaholic Toko Oppa merancang sebuah strategi positioning
Beberapa positioning statement yang bisa digunakan, misalnya mengikuti fashion si artis yang dia sangat idolakan, selalu update terhadap benda apapun yang dipakai si artis boysband/girlsband favoritenya dan selalu menempatkan diri kepada trend saat ini khususnya Korea style.




IV.                PELANGGAN
¨       Pasar sasaran Toko Oppa adalah anak sekolah dimulai dari anak sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas dan mahasiswa.
¨       Perusahaan berharap tingkat pembelian ulang konsumen cukup tinggi. Selain itu juga diharapkan sekitar 75% pesananan melalui media Online

V.                  PERSAINGAN
¨       Persaingan terutama berkaitan dengan kualitas produk, layanan, pengenalan akan merek dan lokasi toko.
¨       Toko Oppa sendiri akan bersaing langsung dengan sesama butik gerai dan onlione shop lainnya (Koreanashopping, Mr. Lee So Man, N.Y.L.A, (X)SML, Koridor Kpop dan Kpop Store yang lainnya).

VI.                MANAJEMEN
Struktur manajemen akan berkaitan dengan aspek-aspek:
• Profesionalisme dan kreatitifas tinggi
• Keahlian dalam keuangan, manajemen, dan aspek hukum
• Atribut-atribut pribadi, seperti daya inisiatif, ambisi dan determinasi serta intergritas.
VII.              PROYEKSI KEUANGAN

MODAL
1. Kas                                                                                    Rp    5.000.000,00
2. Baya sewa gerai                                                           Rp. 10.000.000,00
3. Rancangan interior                                                     Rp.   5.000.000,00
2. Perlengkapan                                                               Rp  10.000.000,00
3. Peralatan                                                                        Rp.   5.000.000,00 +
                                                                                                Rp. 35.000.000,00

PENJUALAN
-Asumsi penjualan tahap awal adalah rata-rata 50 orang setiap hari berkunjung untuk satu bulan pertama dibukanya store kami.
-Rata-rata konsumen kami 50% membeli secara online dan 50% nya berkunjung langsung ke tempat kami.
-Sistem penjualan yang bersahabat membuat kita mempunyai banyak pelanggan tetap.






Contact Person Toko Oppa:

Owner                  : Dendie Angga Wiguna dan @dendiewiguna on Twitter
Twitter                 : @Toko_Oppa
Facebook            : Toko Oppa
Email                     : toko.oppa@ymail.com
Hp & BB                : 08569998589/2202c88f



Tidak ada komentar:

Posting Komentar